Hikmah Pendidikan

Siapa yang pernah menduga dan membayangkan situasi yang sukar seperti ini. Karena itu, akan lebih baik jika masa bulan ramadhan diisi dengan kegiatan – kegiatan yang positif atau dengan ibadah – ibadah. Apalagi, biasanya pada saat tarawih juga akan ada ceramah yang disampaikan. Sehingga, bisa dibilang bahwa salat tarawih adalah salah satu sarana untuk mengedukasi umat dan mengenal nilai – nilai islam lebih dalam lagi. Kausalitas ketika sampai tujuan, mereka akan sadar bahwa perjuangan itulah yang dirindukan. Guru memiliki peran signifikan dalam keberhasilan sebuah pendidikan.

Ada rekan kerja yang memang mengasyikan, tapi ada juga rekan kerja yang tak lebih dari sekadar bermuka dua. Kalaupun Anda memilih untuk menonjolkan sisi positif, tetap waspada terhadap sisi negatif dari diri Anda. Karena itulah Anda harus bisa mengenal dengan baik diri Anda sendiri. Dalam kondisi seperti apa sisi negatif ini akan muncul, Anda sudah harus bisa mengantisipasinya. Betul, karena hidup manusia di zaman sekarang memang cenderung berkisar antara tahun.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Hikmah positif pun dapat kita ketahui seperti disimak di beberapa media online atau pun lewat media sosial. Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengatakan bahwa perayaan Maulid Nabi yaitu untuk mengambil hikmah agar menjadi lebih baik. Sehingga jangan sampai menjadi jelek di bidang protokol kesehatan karena hari libur masyarakat berkumpul dan membuat kluster baru penyebaran virus Covid-19.

Kasusnya bukan melanggar hukum syariat Allah, tetapi melanggar sunnatullah. Kendati demikian, Kiai Said meminta kepada masyarakat yang menjadi korban untuk mengambil hikmah dari kejadian ini. Kata-kata hikmah juga dapat membuat orang terus menjalani kehidupan dengan tenang.

Untuk dapat menangkap nilai moral atau jiwa al-Qur’an tidaklah mudah. Namun demikian, tidak ada salahnya kalau kita berusaha – dengan kemampuan yang dimiliki – untuk menangkap pesan-pesan Tuhan yang terdapat dalam al-Qur’an tersebut. Dalam konteks ini, ilmu-ilmu bantu harus tetap digunakan sebagai sarana untuk menangkap pesan-pesan Tuhan yang ada dalam al-Qur’an. Karena dalam al-Quran, Muslim juga diimbau untuk menjaga perkataan yang tidak tahu ilmunya.

Menurut Dirjen Ismail, nilai-nilai dalam Al-Quran dapat dipakai untuk mencapai kemajuan dan kedamaian bukan hanya oleh umat Islam, tetapi juga oleh seluruh umat manusia. Nilai-nilai ini memberi pijakan untuk membangun keharmonisan antar umat beragama dalam berbangsa dan bernegara. Dalam ayat tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Nabi Muhammad SAW agar lebih bersiap diri bahwa sesungguhnya ucapan-ucapan yang berbobot akan turun terus menerus secara berangsur angsur .