Mempertegas Komitmen Financial Institution Bpd Diy Ke Umkm

Dengan begitu, UMKM akan tetap berdaya dan akan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan ujungnya mengurangi angka pengangguran,” ucapnya. Sunarso berharap fasilitas tersebut mampu mengakselerasi usaha para pelaku UMKM yang sempat menurun akibat pandemi. Tidak hanya itu, BRI juga tengah mengembangkan sebuah produk pinjaman bagi UMKM yang khusus diperuntukkan pasca pandemic Covid-19. Tanpa memiliki mentor bisnis, seorang pengusaha UKM akan kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Pengetahuannya seputar bisnis menjadi terbatas dan dia akan kesulitan dalam melakukan inovasi produk. Disini, kami ingin merekomendasikan Anda untuk menggunakan InterActive MyProfit, sebuah aplikasi kasir on-line berbasis Android yang bisa merekap laporan penjualan harian secara otomatis.

Membuat sebuah fasilitas untuk mendukung UMKM

Sekarang petugas BPJS sudah lebih baik dan ramah dengan dunia usaha, mereka dapat memaklumi kondisi-kondisi sulit perusahaan, khususnya UKM. Maka dari itu, dibutuhkan tahapan berikutnya, yaitu pengurusan perizinan lanjutan. Setelah mengantongi Akta Pendirian, SK Pengesahan, dan NPWP atas nama badan ini, selanjutnya kita bisa ke financial institution untuk mengurus pembukaan rekening atas nama perusahaan. Hal ini penting sekali untuk mendukung Kerjasama bisnis kita dengan investor maupun pembeli besar, apalagi untuk Kerjasama perdagangan ekspor impor, jarang sekali yang mau bertransaksi dengan sebuah bisnis yang masih menggunakan rekening atas nama perseorangan. Meskipun sulit dan merepotkan, laporan keuangan memegang peranan penting untuk mengembangkan bisnis.

Tidak seperti informasi yang banyak beredar, pendaftaran produk pangan di Badan POM tidaklah mahal. Biaya pendaftaran berkisar dari 200 ribu sampai tiga juta rupiah, tergantung dari jenis produknya. Bahkan khusus pelaku usaha UMKM, Badan POM memberikan insentif berupa pengurangan biaya pendaftaran sebesar 50%,” jelasnya. Telkomsel, Bank Mandiri, dan LinkAja merancang program Kerja sama Pemberian Fasilitas Kredit Segmen Mikro kepada UMKM Mitra Telkomsel untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan secara lebih baik, sehingga mereka mampu mengembangkan usahanya lebih jauh lagi. [newline]Inisiatif tersebut akan memberikan kredit usaha mikro kepada Telkomsel Reseller Agent, sebagai bagian dari segmen UMKM, yang dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja untuk membeli stok pulsa dan paket information Telkomsel.

Ia merinci, beberapa layanan yang akan difasilitasi Smesco yaitu, solusi logistik. Di mana saat ini, Smesco mewujudkan inisiatif terbaru yang akan menjadi solusi logistik bagi para pelaku UMKM dari Papua dan daerah lain di Indonesia dalam hal pendistribusian produknya, yaitu Smesco Fulfillment Center dan Smesco Indonesia Retail Network . Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, kolaborasi kedua pihak ini menjadi titik awal.

“Sehingga diharapkan terjadi perubahan struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 5,7% sampai 6%,” katanya. Di kesempatan berbeda, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan P. Roeslani yakin UU Cipta Kerja mampu mendorong peningkatan investasi hingga 6,6% – 7%. Dia mengatakan dengan angka penanaman modal ini, maka pengangguran di RI dapat terakomodasi untuk mendapatkan lapangan kerjaan.