Tiga Hikmah Kisah Qurban Nabi Ibrahim Dan Ismail As

Waktu melaksanakan shalat witir adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan merupakan waktu yang dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah shalat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan diijabah oleh Allah SWT. Bulan Ramadhan pada dasarnya bukan hanya sekedar bulan puasa untuk menahan lapar dan haus saja. Lebih dari itu, bulan ini juga menjadi bulan ibadah dan panen pahala. Ada banyak ibadah khusus dan keutamaan yang hanya Allah berikan pada bulan ramadhan saja. Karena itu, tak jarang orang – orang berlomba – lomba dalam beribadah selama bulan Ramadhan. Orang yang berkata atau bersikap atau berbuat yang sebenarnya, sesuai dengan kata hatinya, disebut orang jujur.

Sepanjang perjalanan Nabi Muhammad bertemu dengan pendahulunya dan mendapatkan pelajaran berharga sebagai seorang rasul yang mengemban amanah untuk menyebarkan ajaran agama dengan baik. Jangan sampai perjalanan suci kemanusiaan ini ternodai ketika diketemukan pemerintah yang melakukan perbuatan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dengan memanfaatkan keadaan negara yang dalam kondisi tidak stabil karena wabah corona. Belum lagi pemangku kebijakan yang dengan sewenang-wenang membuat kebijakan yang menyengsarakan masyarakat yang terdampak wabah covid-19 ini. Sebagai penutup, penulis berharap agar di era pandemi saat ini, kita bisa meneladani sikap nabi Muhammad SAW saat melakukan Isra’ dan Mi’raj. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara mengajak Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan serta Warga Sekolah untuk mengambil hikmah dari Corona Virus (COVID-19) ini. Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan ibadah di rumah perlu terus kita gencarkan untuk mengarangi pengurangan penyebaran COVID-19, sebagaimana himbauan pemerintah termasuk yang selalu di sampaikan oleh Bupati Batu Bara Ir.

Dengan landasan kasih sayang, maka seorang ibu dapat melahirkan ide baru dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir sembilan bulan telah meluluhlantakkan perekonomian masyarakat Bali yang sebagian besar mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata. “Jujur saja, proses daring ini telah menyadarkan kami, para ibu, untuk berempati kepada guru. Ternyata menjadi guru di sekolah bukan pekerjaan mudah,sehingga toleransi dan hormat terhadap profesi guru pun drastis meningkat,” ujar dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh tersebut. Ditambahkan, kondisi itu membuat wanita karier yang juga seorang ibu harus mengajarkan anak pada sore atau malam hari. Padahal, kondisi kebugaran si ibu juga sedang turun dan butuh istirahat.

Untuk itu, Kang Emil mengajak kaum Milenial dan Generasi Z di Jabar untuk memanfaatkan potensi di desa dalam mengembangkan ekonomi berbasis perdesaan dengan dukungan teknologi digital. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, hampir ninety persen aktivitas ekonomi Jabar disokong oleh UMKM. Untuk itu, pandemi menjadi momentum Jabar untuk membangkitkan ekonomi lewat upaya digitalisasi UMKM dengan memanfaatkan perdagangan elektronik (e-commerce). Jasa para pahlawan tak terbayar dan tak ternilai karena berkat jasa mereka kita mampu hidup bebas dari berbagai bentuk penjajahan. Hal ini bisa kita wujudkan dengan menghargai kebudayaan, adat dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan Indonesia.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Hikmah selanjutnya yaitu penggunaan media seperti handphone atau gadget, dapat dikontrol untuk kebutuhan belajar anak. Peran orang tua semakin diperlukan dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan gadget. Hal tersebut memberikan dampak yang positif bagi anak, dalam memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat. Anak cenderung akan menggunakan handphone untuk mengakses berbagai sumber pembelajaran dari tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga akan membuat anak menghindari penggunaan gadget pada hal-hal kurang bermanfaat atau negatif.

Akibatnya, agamanya dianggap sebagai sesuatu yang kolot dan mengajarkan kepada hal-hal yang tidak benar, yang pada akhirnya akan menjadikan kitab sucinya sebagai suatu yang tidak otentik dan palsu belaka. Bahwa pemahaman seseorang tentang ayat-ayat al-Qur’an yang menyangkut fenomena kealaman seperti ini sangat di-pengaruhi dan tergantung pada tingkat pengetahuannya mengenai fenomena kealaman itu sendiri. Seseorang yang mengaharapkan dapat menciptakan sains dari membaca al-Qur’an, tanpa melakukan penelitian dan intidhar terhadap alam semesta, sama halnya pungguk merindukan bulan.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai hikmah dari mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Setelah membaca dan memahami artikel diatas, diharapkan kita dapat lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebagai umat islam tentu kita diharamkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal. Sekian pembahasan artikel kita kali ini dan terima kasih telah menyimak tuntas artikel dari IHATEC kali ini selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya. Assalamu’alaikum InsanHalal, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hikmah mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Sebagai manusia, tentu kita semua membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh demi kelangsungan hidup kita.

Anak kalimat “dalam bulan-bulan itu” mengisyaratkan bahwa ibadah haji dapat terlaksana walaupun tidak dilaksanakan sepanjang bulan-bulan tersebut. Dengan demikian, waktu haji bukan seperti waktu puasa Ramadhan, yang harus dilaksanakan sejak awal Ramadhan hingga akhirnya, kecuali yang memiliki uzur yang dapat dibenarkan mengganti puasanya pada hari-hari yang lain. Orang tua juga tidak mungkin mampu menguasai semua pelajaran,” kata Deni yang mengaku sering membantu anak-anak dalam pembelajaran daring.